PLN Dorong Transformasi Digital Lewat Aplikasi PLN Mobile, Fokus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

(Foto: Dok. PLN)

Bandungdaily.id – PT PLN (Persero) terus mengakselerasi transformasi digital demi meningkatkan kualitas layanan kelistrikan di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah kerja PLN UP3 Majalaya.

Salah satu terobosan utama dalam proses ini adalah pengembangan aplikasi PLN Mobile, yang kini menjadi ujung tombak dalam menghadirkan layanan yang cepat, mudah, dan transparan kepada pelanggan.

Manager UP3 Majalaya, Widodo, menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi ini telah memberikan dampak positif dalam mempercepat respons terhadap keluhan pelanggan serta memudahkan pengelolaan tagihan listrik secara mandiri.

“Kami terus mengedukasi pelanggan agar memanfaatkan PLN Mobile. Ini sejalan dengan upaya PLN dalam menciptakan layanan yang lebih efisien dan modern,” kata Widodo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (17/4/2025).

BACA JUGA: SPKLU Jadi Andalan Pemudik, PLN UP3 Majalaya Buktikan Transisi Energi Tak Sekadar Wacana

(Foto: Dok.PLN)

Digitalisasi Layanan Lewat PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile kini menjadi solusi terintegrasi bagi berbagai kebutuhan pelanggan. Beberapa fitur andalan yang tersedia di aplikasi ini antara lain:

– Pembayaran dan Pengecekan Tagihan Listrik

– Pembelian Token Listrik Prabayar

– Layanan Pengaduan Gangguan

– SwaCAM (Swadaya Catat Meter)

Aplikasi ini juga mendukung prinsip Customer Focused, yang menjadi salah satu dari empat aspirasi transformasi PLN bersama Green, Lean, dan Innovative.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Tonny Bellamy, mengatakan bahwa digitalisasi layanan melalui PLN Mobile merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

“Transformasi PLN tidak hanya soal teknologi, tapi juga menyentuh langsung kebutuhan pelanggan. Melalui PLN Mobile, kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan di Jawa Barat mendapatkan akses yang mudah dan cepat terhadap seluruh layanan kelistrikan,” ujar Tonny.

Ia menambahkan, tingkat adopsi PLN Mobile di Jawa Barat terus meningkat, terutama karena pelanggan merasakan langsung manfaatnya dalam hal efisiensi waktu, kejelasan informasi, dan kemudahan pengaduan.

PLN berharap, melalui pendekatan digital ini, transformasi layanan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat, dan menjadi bagian dari gaya hidup baru pelanggan dalam mengakses kebutuhan kelistrikan mereka. Digitalisasi bukan lagi sekadar pilihan, tapi menjadi fondasi utama pelayanan di era energi masa depan.

 

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan