Bandungdaily.id – Dalam rangka mendukung kesiapan pengamanan menjelang Hari Raya Idul Adha 1446 H, PT PLN (Persero) UP3 Majalaya melaksanakan apel gabungan satuan pengamanan (security) dan pelatihan dasar keamanan.
Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah antisipatif PLN untuk memastikan lingkungan kerja aman, tertib, serta pelayanan kepada pelanggan tetap prima selama masa siaga Idul Adha.
Apel gabungan dan pelatihan ini digelar secara rutin dan berkala setiap bulan, namun kali ini memiliki fokus khusus dalam menghadapi lonjakan aktivitas masyarakat selama libur panjang Idul Adha.
Kegiatan diawali dengan apel gabungan dan dilanjutkan dengan pengecekan perlengkapan dan peralatan pengamanan, seperti tongkat, borgol, senter, dan atribut lainnya guna memastikan kesesuaian dengan standar operasional yang berlaku.
Manajer PLN UP3 Majalaya, Widodo, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bagian integral dari siaga kelistrikan Idul Adha. Selain memastikan keandalan pasokan listrik, PLN juga menjamin keamanan lingkungan kerja dan kenyamanan pelanggan.
“Kami tidak hanya menyiapkan teknisi dan peralatan pendukung sistem kelistrikan, tetapi juga memastikan satuan pengamanan dalam kondisi siap dan terlatih. Dengan pelatihan ini, kami berharap personel keamanan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara humanis dan profesional, serta mampu menjaga situasi kantor tetap aman selama masa siaga Idul Adha,” ujar Widodo.
Lebih lanjut, Widodo menegaskan bahwa pengamanan kantor pelayanan PLN menjadi sangat penting, mengingat potensi peningkatan aktivitas masyarakat saat Idul Adha, termasuk layanan pengaduan, informasi tagihan, hingga kebutuhan pengisian token listrik.
Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Tonny Bellamy, memberikan apresiasi atas pelaksanaan pelatihan ini sebagai bagian dari persiapan menyeluruh menyambut hari besar keagamaan.
“PLN hadir untuk negeri dalam semua aspek kehidupan, tidak hanya menjamin pasokan listrik andal, tetapi juga menciptakan ekosistem pelayanan yang aman dan nyaman. Apel dan pelatihan ini menjadi wujud nyata bahwa PLN menjunjung tinggi profesionalitas dan kesiapan di seluruh lini, termasuk satuan pengamanan,” ujar Tonny.
Ia menambahkan bahwa semangat profesionalisme satuan pengamanan PLN menjadi bagian penting dalam menunjang pelayanan pelanggan yang lebih baik, terutama di momentum penting seperti Idul Adha.
BACA JUGA: Semangat Kartini Masa Kini: Petugas Perempuan PLN Gencar Edukasi Keselamatan Listrik
Seluruh kegiatan apel, pelatihan, dan pengecekan telah dilaksanakan sesuai dengan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai dalam program PLN Powering the Nation, yaitu komitmen “PLN Hadir untuk Negeri” dalam menjaga keberlangsungan pelayanan kelistrikan dan kenyamanan masyarakat secara menyeluruh.
Untuk kemudahan layanan selama Idul Adha, PLN mengimbau masyarakat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang menyediakan layanan 24 jam seperti pengaduan gangguan, pembelian token, pembayaran listrik, hingga pencarian lokasi SPKLU bagi pengguna kendaraan listrik.***